Cara membuat ikan dengan cara simple menggunakan Blender.
Pertama tama, buka aplikasi Blender.
Kemudian kalian akan
melihat tampilan seperti ini. Kalian bisa mencoba menggeser dan mengubah titik
pengelihatan kalian (Point Of View) dengan cara menahan Mid mouse button (atau yang biasa kita gunakan untuk scrolling),
untuk mengubah Point of view kalian.
Kalian juga bisa menggeser Point of view kalian
dengan cara menahan tombol shift dan menahan mid mouse button, kemudian menggeser mouse kalian.
Untuk mengubah tampilan menjadi horizontal, pencet tombol X
di pojok kanan atas.
Dan tampilan kalian
akan berubah menjadi seperti ini
Dengan masih menggunakan cursor “Object Mode”, Klik object kotak kalian dan pencet delete
pada keyboard kalian. Sehingga kita bisa memulai dengan cara yang lebih simple.
Tampilan pada layar kalian seharusnya menjadi seperti ini.
Kemudian, arahkan cursor kalian ke tengah layar dan
pencet tombol Shift + A. Tombol tersebut akan mengeluarkan menu dengan banyak
pilihan. Pilih Empty, kemudian Image. Dengan ini kita akan menghasilkan object
kosong yang nanti akan kita isi gambar 2 dimensi sebagai gambar contoh untuk membantu
kita membuat objek ikan. Kemudian, pada scene collection yang terdapat pada
pojok kanan atas layar, cari object empty yang sudah kita buat tadi. Klik object
empty tersebut, kemudian rotasi object tersebut dengan cara memencet tombol R ->
X, dan geser cursor kalian untuk merotasi objek kalian dengan sumbu X sejauh 90
derajat, tahan CTRL agar perhitungan rotasi tidak melenceng jauh (Fixed rotation / rotasi tetap). Kemudian
lakukan dengan cara yang sama dan sudut yang sama tetapi diawali dengan
memencet tombol R -> Y. Tampilan pada layar kalian akan menjadi seperti ini
Kemudian klik object data properties, kemudian open
image. Cari gambar yang akan kalian pakai dan kemudian pilih gambar.
Kemudian tambahkan object mesh yang akan kita olah menjadi
3D dengan cara menekan Shift + A, kemudian pilih mesh, kemudian plane. Rotasi
objek plane tersebut agar sejajar dengan gambar kalian. Kemudian tekan move
pada cursor tolbar yang berada di kiri, dan geser object plane kalian sedikit
kebelakang seperti gambar tersebut dengan cara menggeser tandah panah merah.
Tekan tab untuk masuk kedalam edit mode (dari object mode),
kemudian tekan K pada keyboard untuk menggunakan Knife. Kemudian, dengan menggunakan knife, ikuti struktur badan
ikan untuk membuat model ikan.
Kemudian pencet tombol
P dan pilih By selection. Kemudian hapus sisa object plane yang tidak terpakai.
Pada Scene collection, cari object image ikan tadi kemudian klik hide in
viewport.
Kemudian atur agar kalian bisa melihat objek kalian dari
atas, dan masuk ke dalam edit mode, menggunakan Extrude Region, Kemudian tekan tombol Ctrl + R untuk membuat objek baru di
antara dua obje, dan klik saat garis berada di tengah. Menggunakan Shrink and
flatten, besarkan sedikit objek tersebut.
Kemudian arahkan Point of view kalian dari sumbu X, dan tekan
U kemudian Project from view. Kemudian pada material, tambahkan material baru
dan pilih image texture pada base color, dan pilih gambar kalian sebagai
texture. Untuk melihat object kalian yang sudah di texture, klik viewport
shading.
Kemudian masuk ke tab UV
editing, klik object kalian, dan sesuaikan gambar contoh tadi dengan object
yang kalian buat di tampilan kiri. Jika kalian sudah menyesuaikan gambar kalian
sebagai texture, kalian akan melihat model kalian seperti ini.
No comments:
Post a Comment